RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MIS Kauman Wiradesa
Kelas/Semester : III/1
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Volume : 1 pertemuan
A.
Standar Kompetensi
2.
Beriman
kepada malaikat-malaikat Allah
B.
Kompetensi
Dasar
2.1. Menganal malaikat-malaikat
Allah
C.
Indikator Kompetensi
1.
Menjelaskan
pengertian tentang beriman kepada malaikat.
2.
Menyebutkan
nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya.
3.
Menyebutkan
sifat-sifat malaikat.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian tentang malaikat.
2.
Siswa
dapat menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya.
3.
Siswa
dapat menyebutkan sifat-sifat malaikat.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian Iman kepada Malaikat
Malaikat
adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang harus diyakini adanya. Malaikat adalah
makhluk yang diciptakan dari cahaya yang khusus untuk taat beribadah kepada
Allah swt, serta mengerjakan semua tugas-tugasNya. Beriman kepada malaikat
artinya meyakini dengan sepenuh hati bahwa malaikat itu makhluk ciptaan
Allah yang senantiasa patuh menjalankan tugas dan tidak pernah durhaka sedikit
pun.
2.
Nama Malaikat dan Tugasnya
Malaikat
menurut akidah Islam adalah makhluk gaib ciptaan Allah SWT yang senantiasa taat
kepada-Nya serta bertasbih memuji dan menyucikan-Nya. Makhluk gaib artinya
makhluk yang tidak dapat dilihat, didengar atau diraba. Walaupun malaikat itu
makhluk gaib, tetap kita wajib mempercayai adanya malaikat. Percaya kepada
malaikat-malaikat Allah adalah rukun iman yang kedua.
Berikut
ini 10 nama-nama malaikat dan tugasnya masing-masing yang wajib kita ketahui,
yaitu:
a.
Malaikat
Jibril, bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada nabi dan rasul, sejak
nabi Adam AS sampai nabi Muhammad SAW.
b.
Malaikat
Mikail, bertugas menyampaikan rezeki kepada manusia, termasuk juga mengatur
hujan dan angin.
c.
Malaikat
Israfil, bertugas meniup terompet atau sangkakala pada hari kiamat.
d.
Malaikat
Izrail, bertugas mencabut nyawa manusia, karenanya, malaikat Izrail disebut
juga malaikat maut.
e.
Malaikat
Munkar, bertugas sebagai penanya manusia di alam kubur.
f.
Malaikat
Nakir, bertugas sebagai penanya manusia di alam kubur bersama malaikat Munkar.
g.
Malaikat
Raqib, tugasnya mencatat amal kebajikan yang dilakukan manusia.
h.
Malaikat
Atid, tugasnya mencatat amal kejahatan yang dilakukan manusia.
i.
Malaikat
Malik, bertugas menjaga pintu neraka.
j.
Malaikat
Malik, bertugas menjaga pintu surga.
3.
Sifat-Sifat Malaikat
Malaikat adalah makluk ciptaan Allah
SWT yang berbeda dengan makluk lainnya. Sifat-sifat malaikat antara lain:
a.
Malaikat tidak makan, tidak minum, dan tidak tidur.
b.
Malaikat tidak berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.
c.
Malaikat tidak memiliki hawa nafsu.
d.
Malaikat selalu taat kepada Allah SWT dan tidak pernah
berbuat dosa.
F.
Alokasi Waktu : 1 x 20 menit
G.
Strategi dan Metode Pembelajaran
1.
Strategi
Pembelajaran
·
Strategi
pembelajaran kontekstual
2.
Metode
Pembelajaran
·
Metode
Ceramah
·
Metode
Tanya jawab
·
Metode
Sort Card
H.
Sumber, Alat, dan Media Pembelajaran
1.
Sumber
Pembelajaran
·
Buku
paket Aqidah Aklah kelas 5.
2.
Alat
dan Media
·
Laptop
·
Screen/layar
·
Proyektor
·
Kartu
berpasangan, berisi nama malaikat dan tugas-tugasnya
·
Video
tentang lagu anak yang terkait dengan iman kepada malaikat Allah
I.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(3 menit)
a.
Guru
mengucapkan salam.
b.
Berdoa
bersama.
c.
Guru
mencatat kehadiran siswa.
d.
Tanya
jawab sebagai apersepsi.
e.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti (15 menit)
a.
Eksplorasi
1)
Guru
menjelaskan tentang materi beriman kepada malaikat.
2)
Guru menayangkan video tentang
lagu anak yang terkait dengan iman kepada Malaikat Allah.
3)
Guru membagikan secara acak kartu kepada siswa yang telah dipersiapkan yang berisi nama dan tugas-tugas malaikat.
4)
Guru memberikan sebuah cerita pada siswa yang di dalamnya mengandung pesan tentang iman kepada malaikat.
b.
Elaborasi
1)
Siswa
menyimak penjelasan dari guru mengenai iman kepada malaikat.
2)
Siswa memperhatikan video tentang
lagu anak yang terkait dengan iman kepada malaikat Allah.
3)
Dengan aba-aba guru, siswa diminta untuk menjodohkan pasangan jawaban yang cocok dalam lembaran kartu yang sudah
tertempel pada papan tulis dengan lembaran kartu yang dipegangnya.
4)
Siswa menyimak cerita dalam kehidupan sehari-hari yang disampaikan guru yang
di dalamnya mengandung pesan tentang iman kepada malaikat, kemudian mereka
mengidentifikasi nama-nama dan tugas malaikat yang secara tersirat tercantum
dalam cerita.
c.
Konfirmasi
1)
Guru
menanya kembali mengenai materi iman kepada Malaikat
2)
Siswa di bawah
bimbingan guru, menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
3.
Penutup
(2 menit)
a.
Guru
bersama‐sama
siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
b.
Berdo'a
untuk mengakhiri pelajaran.
c.
Salam.
J.
Pendidikan Karakter
Setelah
mempelajari materi tentang beriman kepada malaikat-malaikat, siswa diharapkan
dapat memiliki karakter religius.
K.
Penilaian
1.
Penilaian Kognitif
·
Teknik Penilaian : Tes
·
Bentuk Penilaian : Tes tertulis
·
Instrumen :
Tes bentuk uraian
1)
Apa yang dimaksud dengan beriman kepada
malaikat?
2)
Ada berapa malaikat yang wajib kita ketahui?
Sebutkan!
3)
Sebutkan tugas malaikat Raqib dan Atid!
4)
Siapakah malaikat yang bertugas mencabut nyawa?
5)
Sebutkan sifat-sifat malaikat!
2.
Penilaian Afektif
·
Teknik Penilaian : Non Tes
·
Bentuk Penilaian : Observasi
·
Instrumen :
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Jumlah
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Aspek yang
dinilai:
A = Tertib mengikuti proses pembelajaran
B = Keaktifan dalam proses pembelajaran
C = Kerjasama dalam kelompok
D = Keaktifan dalam permainan
Kriteria penilaian
Skor maksimum = 100
3.
Penilaian Psikomotorik
·
Teknik Penilaian : Tes
·
Bentuk Penilaian : Hafalan nama-nama
malaikat beserta tugas-tugasnya!
·
Instrumen
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Jumlah
|
Hafal dengan lancar
( 0 - 100 )
|
|||
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala
Madrasah
(………………………………..)
NIP.
|
Wiradesa,
…………………………
Guru Mata
Pelajaran
(…………………………………)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar