Rabu, 30 November 2016

RPP BERIMAN KEPADA MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH KELAS 3 MI KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah               :    MIS Kauman Wiradesa
Kelas/Semester             :    III/1
Mata Pelajaran              :    Aqidah Akhlak
Volume                         :    1 pertemuan

A.      Standar Kompetensi    
2.         Beriman kepada malaikat-malaikat Allah

B.       Kompetensi Dasar         
2.1. Menganal malaikat-malaikat Allah

C.      Indikator Kompetensi
1.         Menjelaskan pengertian tentang beriman kepada malaikat.
2.         Menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya.
3.         Menyebutkan sifat-sifat malaikat.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat menjelaskan pengertian tentang malaikat.
2.         Siswa dapat menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya.
3.         Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat malaikat.

E.       Materi Pembelajaran

1.         Pengertian Iman kepada Malaikat

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang harus diyakini adanya. Malaikat adalah makhluk yang diciptakan dari cahaya yang khusus untuk taat beribadah kepada Allah swt, serta mengerjakan semua tugas-tugasNya. Beriman kepada malaikat artinya meyakini dengan sepenuh hati bahwa malaikat itu makhluk ciptaan Allah yang senantiasa patuh menjalankan tugas dan tidak pernah durhaka sedikit pun.
2.         Nama Malaikat dan Tugasnya
Malaikat menurut akidah Islam adalah makhluk gaib ciptaan Allah SWT yang senantiasa taat kepada-Nya serta bertasbih memuji dan menyucikan-Nya. Makhluk gaib artinya makhluk yang tidak dapat dilihat, didengar atau diraba. Walaupun malaikat itu makhluk gaib, tetap kita wajib mempercayai adanya malaikat. Percaya kepada malaikat-malaikat Allah adalah rukun iman yang kedua.
Berikut ini 10 nama-nama malaikat dan tugasnya masing-masing yang wajib kita ketahui, yaitu:
a.         Malaikat Jibril, bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada nabi dan rasul, sejak nabi Adam AS sampai nabi Muhammad SAW.
b.        Malaikat Mikail, bertugas menyampaikan rezeki kepada manusia, termasuk juga mengatur hujan dan angin.
c.         Malaikat Israfil, bertugas meniup terompet atau sangkakala pada hari kiamat.
d.        Malaikat Izrail, bertugas mencabut nyawa manusia, karenanya, malaikat Izrail disebut juga malaikat maut.
e.         Malaikat Munkar, bertugas sebagai penanya manusia di alam kubur.
f.         Malaikat Nakir, bertugas sebagai penanya manusia di alam kubur bersama malaikat Munkar.
g.        Malaikat Raqib, tugasnya mencatat amal kebajikan yang dilakukan manusia.
h.        Malaikat Atid, tugasnya mencatat amal kejahatan yang dilakukan manusia.
i.          Malaikat Malik, bertugas menjaga pintu neraka.
j.          Malaikat Malik, bertugas menjaga pintu surga.
3.         Sifat-Sifat Malaikat
Malaikat adalah makluk ciptaan Allah SWT yang berbeda dengan makluk lainnya. Sifat-sifat malaikat antara lain:
a.         Malaikat tidak makan, tidak minum, dan tidak tidur.
b.        Malaikat tidak berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.
c.         Malaikat tidak memiliki hawa nafsu.
d.        Malaikat selalu taat kepada Allah SWT dan tidak pernah berbuat dosa.

F.       Alokasi Waktu                : 1 x 20 menit

G.      Strategi dan Metode Pembelajaran 
1.         Strategi Pembelajaran
·      Strategi pembelajaran kontekstual
2.         Metode Pembelajaran
·      Metode Ceramah
·      Metode Tanya jawab
·      Metode Sort Card

H.      Sumber, Alat, dan Media Pembelajaran
1.         Sumber Pembelajaran
·      Buku paket Aqidah Aklah kelas 5.
2.         Alat dan Media
·      Laptop
·      Screen/layar
·      Proyektor
·      Kartu berpasangan, berisi nama malaikat dan tugas-tugasnya
·      Video tentang lagu anak yang terkait dengan iman kepada malaikat Allah

I.         Kegiatan Pembelajaran 
1.         Pendahuluan             (3 menit)
a.         Guru mengucapkan salam.
b.        Berdoa bersama.
c.         Guru mencatat kehadiran siswa.
d.        Tanya jawab sebagai apersepsi.
e.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.         Kegiatan Inti (15 menit)
a.         Eksplorasi
1)        Guru menjelaskan tentang materi beriman kepada malaikat.
2)        Guru menayangkan video tentang lagu anak yang terkait dengan iman kepada Malaikat Allah.
3)        Guru membagikan secara acak kartu kepada siswa yang telah dipersiapkan yang berisi nama dan tugas-tugas malaikat.
4)        Guru  memberikan sebuah cerita pada siswa yang di dalamnya mengandung pesan tentang iman kepada malaikat.
b.        Elaborasi
1)        Siswa menyimak  penjelasan dari guru mengenai iman kepada malaikat.
2)        Siswa memperhatikan video tentang lagu anak yang terkait dengan iman kepada malaikat Allah.
3)        Dengan aba-aba guru, siswa diminta untuk menjodohkan pasangan jawaban yang cocok dalam lembaran kartu yang sudah tertempel pada papan tulis dengan lembaran kartu yang dipegangnya.
4)        Siswa menyimak cerita dalam kehidupan sehari-hari yang disampaikan guru yang di dalamnya mengandung pesan tentang iman kepada malaikat, kemudian mereka mengidentifikasi nama-nama dan tugas malaikat yang secara tersirat tercantum dalam cerita.
c.         Konfirmasi
1)        Guru menanya kembali mengenai materi iman kepada Malaikat
2)        Siswa di bawah bimbingan guru, menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
3.         Penutup (2 menit)
a.         Guru bersamasama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
b.        Berdo'a untuk mengakhiri pelajaran.
c.         Salam.

J.        Pendidikan Karakter
Setelah mempelajari materi tentang beriman kepada malaikat-malaikat, siswa diharapkan dapat memiliki karakter religius.

K.      Penilaian
1.         Penilaian Kognitif
·           Teknik Penilaian            : Tes
·           Bentuk Penilaian            : Tes tertulis
·           Instrumen                       : Tes bentuk uraian
1)        Apa yang dimaksud dengan beriman kepada malaikat?
2)        Ada berapa malaikat yang wajib kita ketahui? Sebutkan!
3)        Sebutkan tugas malaikat Raqib dan Atid!
4)        Siapakah malaikat yang bertugas mencabut nyawa?
5)        Sebutkan sifat-sifat malaikat!
2.         Penilaian Afektif
·           Teknik Penilaian            : Non Tes
·           Bentuk Penilaian            : Observasi
·           Instrumen                       :
No
Nama Siswa
Skor
Jumlah
A
B
C
D

1






2






3






4






5






dst.







Keterangan
Aspek yang dinilai:
A       =   Tertib mengikuti proses pembelajaran
B       =   Keaktifan dalam proses pembelajaran
C       =   Kerjasama dalam kelompok
D       =   Keaktifan dalam permainan
Kriteria penilaian
Skor maksimum = 100

3.         Penilaian Psikomotorik
·           Teknik Penilaian           : Tes
·           Bentuk Penilaian           :  Hafalan nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya!
·           Instrumen                      
No
Nama Siswa
Skor
Jumlah
Hafal dengan lancar
( 0 - 100 )
1



2



3



4



5



dst.








Mengetahui
Kepala Madrasah



(………………………………..)
NIP.
Wiradesa, …………………………
Guru Mata Pelajaran




(…………………………………)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar